Cara Menyolder


www.edipurwanto2.com


Pada tulisan saya yang sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu di site ini yaitu tentang pengenalan komponen elektronika beserta fungsi dan kegunaannya, walaupun belum banyak  komponen yang belum saya jelaskan, tetapi bukan berarti sobat tidak bisa melakukan praktek seperti menyolder, merakit komponen dan seterusnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Menyolder dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami, sambil menunggu kelanjutan artikel saya tentang komponen dan kegunaannya.

Menyolder adalah sebuah bagian penting dalam dunia elektronika, dan hal ini merupakan satu kemampuan yang wajib sobat miliki dalam belajar dan menekuni bidang ilmu elektronika. Begitu pentingnya sehingga bisa dikatakan sebagai kunci utama dalam keberhasilan merakit rangkaian. Agar mendapatkan hasil solderan yang bagus sering-seringlah  berlatih.

Belajar menyolder versi saya ini mengingatkan saya sewaktu masih di bangku sekolah, sewaktu pelajaran praktek untuk yang pertama kali yaitu cara menyolder yang diajarkan oleh guru saya yang selanjutnya akan saya sampaikan seperti dibawah ini

Berikut Langkah-langkahnya :
1. Siapkan kawat email ukuran sedang, bisa sobat dapatkan dari bekas lilitan trafo atau yang lainnya
2. Bersihkan kawat email atau kawat tembaga dari lapisan dan kotoran dengan cara menggosok atau mengamplas permukaan kawat sampai halus.
3. Jepit  atau bentangkan saja kawat email tadi agar tidak mudah bergerak saat di solder
4. Solder seluruh permukaan kawat (lihat gambar dibawah)


www.edipurwanto2.com


5. Hasil solderan yang baik dan bagus adalah tertutupnya seluruh bagian kawat secara merata dan terlihat licin/mengkilap.

Catatan : Langkah -langkah diatas adalah suatu cara awal agar sobat bisa menggunakan dan menguasai dengan baik alat kerja atau solder, sehingga sobat tidak merasa kaku lagi saat masuk ke tahap menyolder komponen yang sebenarnya.


Setelah sobat melewati tahap tersebut diatas silahkan anda mencoba menyolder komponen. Sobat bisa saja langsung merakit rangkaian sederhana misalnya lampu flip flop,  adaptor sederhana atau rangkaian sederhana lainnya. Namun apabila belum menguasai cara merakit rangkaian anda bisa mencoba melakukan penyolderan di PCB yang sudah ada lubangnya. Sebagai latihan pilih saja komponen resistor karena mudah didapat dan harganya murah. Silahkan anda bereksperimen untuk menghasilkan solderan yang bagus.

Untuk membantu dan mendukung kemudahan proses penyolderan pilihlah solder dengan daya antara 30-40 watt, dengan solder dengan watt sebesar itu juga sudah mencukupi untuk menyolder komponen aktif  yang tidak tahan panas berlebihan seperti transistor dan IC. Walaupun solder yang sobat miliki bukan jenis yang mahal jangan berkecil hati gunakan saja besi ujung solder/Tip yang kualitas bagus (banyak di pasaran)

Untuk menghasilkan hasil solderan yang baik dan benar yang perlu sobat perhatikan adalah, ujung solder / Tip harus dalam keadaan bersih jika kotor bersihkan dengan sikat kawat. Gosok atau bersihkan bagian yang akan di solder seperti bidang PCB dan kaki komponen dengan amplas agar timah mudah melekat. Dan cara menyolder tempelkan ujung solder yang sudah panas pada kaki komponen yang akan disolder lalu tempelkan timahnya setelah cukup angkat timah lalu soldernya. Perhitungkan waktu saat proses penyolderan pada komponen yang tahan panas dan komponen yang tidak tahan panas. Hasil yang bagus adalah solderan terlihat licin dan mengkilap.

Demikian langkah belajar cara menyolder yang bisa saya sampaikan, selamat berlatih dan selalu semangat dalam belajar elektronika, semoga ada guna dan manfaatnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyolder"